Selasa, 11 Oktober 2011

Kepala SMK Hasanuddin Workshop di Surabaya


Pada tanggal 10-11 Oktober 2011, Bapak Abdul Latif, S.Pd didampingi oleh PKS. Kurikulum mengikuti Workshop Pilot Project Program Penyelarasan Dunia Pendidikan dengan Dunia Kerja yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, di Hotel Novotel Surabaya - Jawa Timur.

Program ini dilatarbelakangi dengan visi dan misi Kementerian Pendidikan Nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025, Kementerian Pendidikan Nasional telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan jaminan pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui pengembangan standar nasional pendidikan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Sejauh ini berbagai upaya tersebut masih belum mencapai hasil yang optimal karena masih banyak lulusan dari berbagai jenjang pendidikan yang belum terserap dalam dunia kerja atau mampu untuk berwirausaha.

Melalui Program Penyelarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja diharapkan dapat disiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dan/atau dapat menciptakan pekerjaan serta mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan baik lokal, nasional, maupun internasional. Sebagai bagian dari Program Penyelarasan, di tahun 2011 ini dilaksanakan sebuah Pilot Project Program Peningkatan Kinerja Penyelarasan yang akan dilaksanakan oleh lembaga/institusi pendidikan secara nasional yang bertujuan untuk memperoleh best practices pengelolaan pendidikan dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja. 

Untuk di lingkungan SMK Hasanuddin program ini akan ditanggungjawabi oleh PKS. Kurikulum sebagai Ketua Program dan didampingi oleh LKP Webmedia sebagai Lembaga Pembina. Dengan adanya pelaksanaan pilot project penyelarasan ini di lingkungan SMK Hasanuddin diharapkan dapat menjadikan lulusan SMK Hasanuddin dapat mengisi ruang-ruang kerja terutama bidang jaringan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di Kota Medan dan sekitarnya. (doc/puskursmk)


EmoticonEmoticon